Apakah Lupus Mengakibatkan Gatal-gatal?

Apakah lupus mengakibatkan gatal-gatal? Ya, lupus memang mengabikatkan gatal-gatal, tapi ini jarang terjadi. Penyebab pasti dari gatal-gatal pada lupus tidak jelas. Kemungkinan karena antibodi tertentu yang dihasilkan oleh beberapa orang penderita lupus.

Selain itu obat yang digunakan untuk mengobati lupus dapat menyebabkan efek samping. Efeknya bisa berupa terasa gatal-gatal atau kulit mengering disebagian tempat.

Keluhan penderita lupus tentang gatal-gatal

Pada dasarnya keluhan odapus berbeda antara satu dan yang lain, karena didasari antibodi yang bekerja di dalam tubuh mereka masing-masing. Jadi keluhan gatal-gatal ini bukanlah hal pasti yang dirasakan oleh setiap penderita lupus. Meski begitu, untuk yang memiliki keluhan lupus mengakibatkan gatal-gatal, sebaiknya disampaikan saat berkonsultasi dengan dokter.

Individual Hives Pada Penderita Lupus

Gatal-gatal biasanya berlangsung kurang dari 24 jam. Ini kadang disebut gatal-gatal dan sedikit terlihat ruam dan sesekal terasa panas dikulit (individual hives). Individual hives yang berlangsung lebih dari 24 jam mungkin karena urtikaria vaskulitis, suatu kondisi yang ditandai oleh peradangan pada pembuluh darah kecil di kulit.

kulit gatal

Individual hives atau kulit gatal-gatal dan bisa menyebar disebagian tubuh.

Pada dasarnya lupus memang menjadi salah satu sebab terjadinya urtikaria vaskulitis. Maka itu bila dirasa lupus mengakibatkan gatal-gatal, segeralah konsultasi dengan dokter Anda agar mendapat obat dan penanganan yang tepat.

Baca Juga:

Bisakah Penyakit Lupus Menjadi Penyebab Rambut Rontok?

Di Vonis Sakit Lupus, Wanita Ini Cek di Rumah Sakit Lain

Gejala Yang Terasa Pada Orang Yang Terkena Sakit Lupus

This post has already been read 1118 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *