Asupan Gizi Seimbang Penderita Penyakit Lupus

Asupan Gizi Seimbang Penderita Penyakit Lupus

Gizi Seimbang bagi para penderita penyakit lupus memang sangat perlu diperhatikan asupannya. Menurut data Departemen Kesehatan Republik Indonesia menyatakan bahwa ada sekitar 1,5 juta penderita penyakit lupus di Indonesia. Penyakit lupus merupakan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh dan menyerang jarungan tubuh yang sehat. Para penderita penyakit lupus biasanya mengalami peradangan, pembengkakan dan kerusakan organ tubuh seperti sendi, kulit, ginjal, jantung dan paru-paru. Sebenarnya tidak ada makanan yang menyebabkan atau memciu munculnya penyakit lupus. Meskipun demikian, karena penyakit lupus merupakan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh maka perlu asupan gizi seimbang.

Asupan Gizi Seimbang Penderita Penyakit Lupus

Para penderita penyakit lupus disarankan untuk mengikuti program diet sehat dan seimbang. Diet ini menyarankan untuk mengkonsumsi banyak buah dan sayur secara teratur, juga mengkonsumsi biji-bijian. Selain itu, bagi para penderita penyakit lupus disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung protein seperti daging sapi, unggas dan ikan yang mengandung minyak omega. Pemenuhan gizi yang seimbang sangat penting bagi para penderita penyakit lupus, karena nutrisi-nutrisi tersebut digunakan untuk memperkuat tulang dan otot. Para penderita lupus biasanya disarankan untuk mengkonsumis obat-obatan dari dokter, obat-obatan tersebut memiliki efek mengurangi kadar kalsium dalam tulang sehingga dibutuhkan gizi untuk mengganti kekurangan tersebut. Salah satu cara untuk memenuhinya adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium yang tinggi seperti susu. Namun susu yang dipilih adalah susu rendah lemak atau susu tanpa lemak. Namun jika anda tidak dapat meminum susu, alternatif pangganti susu tersebut anda bisa mengkonsumsi susu bebasl laktosa, susu kedelai, susu alamond, jus yang kaya akan kalsium dan vitamin D. Kemudian sayuran hijau pun bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh. Diet sehat dan teratur membantu penderita lupus untuk mengatasi efek samping atas obat yang telah diberikan.

Sakit Lupus merupakan penyakit yang disebabkan oleh makanan, begitu pula makanan tidak langsung mampu menyembuhkan penyakit lupus. Meskipun demikian memilih menu yang tepat dapat membantu para penderita penyakit lupus untuk bisa hidup dengan kualitas yang lebih baik lagi.

This post has already been read 756 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *