Bahaya Gizi Buruk pada Penderita Lupus

Gizi Buruk

Gizi buruk sangat berbahaya dan perlu dicegah sedini mungkin.Terlebih, gizi buruk ini dapat menyebabkan penyakit lupus atau pun memberi pengaruh yang semakin buruk pada penderita lupus. Oleh karena itu, jangan spelekan gizi buruk bahkan sejak dalam kandungan sekalipun. Jika si penderita telah menderita lupus, maka pencegahan gizi buruk ini juga tetap perlu dilaukan untuk mencegah komplikasi lanjutan.

Gizi Buruk – Kontrol Lupus dengan Mencegah Gizi Buruk

Asupan gizi memang sangat penting untuk diperhatikan dan dijaga terlebih kepada para penderita lupus. Hal ini akan membantu menjaga aktifitas lupus itu sendiri, menjaga metabolism yang baik, dan menjaga asupan nutrisi untuk tubuh. Dengan begitu, asupan gizi yang baik ini dapat mengurangi resiko penyakit jantung pada penderita lupus, mencapai berat badan yang sehat, dapat melawan efek samping obat, mempertahankan kekuatan tulang dan otot, hingga mengurangi radang pada penderita lupus. Selain itu, gizi yang cukup sangat penting untuk memelihara dan memperbaiki jaringan tubuh, tumbuh kembang anak, dan lainnya.

Gizi Buruk

Seorang penderita lupus perlu mengkonsumsi makanan dengan kandungan anti radang dan anti oksidan, omega 3, kalsium, vitamin D, diet garam, diet tinggi asam folat. Dampingi juga makanan dengan pemberian suplemen dan jamu herbal untuk lupus. Pilih suplemen yang mengandung antioksidan dari vitamin E, C, dan A serta suplemen yang dapat meningkatkan sistem imun seperti Enchinacea. Pemberian jamu herbal ditujukan karena pengobatan zat kimia justru rentan mengaktikan si lupusnya sendiri.

Selain menjaga asupan gizi dengan memberikan input makanan pada si penderita lupus, Anda juga perlu menjaga asupan gizi dengan mencegah atau mengurangi beberapa makanan yang membahayakan bagi penderita lupus seperti misalnya makanan asam dan pedas, susu whole milk, es krim, mentega, keju, makanan cepat saji, makanan yang digoreng. Sebagai gantinya, konsumsilah ikan tuna, gabus, tongkol, suplemen minyak ikan, yoghurt, keju rendah lemak, susu kedelai.

Demikian ulasan mengenai hubungan gizi buruk dengan penyakit lupus. Semoga bermanfaat bagi Anda.

This post has already been read 504 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *