Cek Iritasi Kulit Yang Anda Alami, Bisa Jadi Anda Terserang Lupus

Lupus merupakan penyakit automim kronis yang dapat merusak tubuh pada bagian kulit, organ dalam, maupun persendian. Penyakit lupus dapat menyerang sistem kekebalan tubuh, sehingga penderitanya akan terasa lemas dan mudah lelah.  Wanita umumnya didiagnosa menderita lupus berkisar antara umur 15 hingga 45 tahun.Ada beberapa gejala umum yang dialami seorang penderita lupus, diantaranya tubuh cepat lelah, mengalami gejala anemia, rendahnya trombosit, badan terasa pegal, serta terjadinya iritasi kulit. Penyakit lupus sangat mudah dideteksi melalui iritasi kulit yang dialami penderita. Untuk itu, Anda dapat menyimak beberapa gejala iritasi kulit yang dialami penderita lupus berikut ini.

iritasi kulit

Ciri Iritasi Kulit Yang Merupakan Gejala Lupus

  • Timbul ruam merah pada kedua pipi

Ruam merah yang timbul di area pipi dan hidung ini bentuknya biasanya menyerupai kupu – kupu. Maka tak jarang orang menyebut iritasi kulit seperti ini dengan sebutan butterfly rush.

  • Timbul ruam merah menyerupai cakram

Ruam merah menyerupai cakram ini dapat timbul di seluruh permukaan tubuh. Terkadang, ruam merah ini berbentuk menonjol. Gejala ini hampir seperti gejala iritasi kulit yang diakibatkan karena alergi.

  • Muncul sisik pada ruam

Iritasi kulit lainnya adalah munculnya ruam merah pada kulit yang dialami penderita lupus terkadang disertai dengan adanya sisik diantara ruam–ruam merah tersebut. Anda lerlu mewaspadai bila mengalami iritasi kulit seperti ini.

  • Kulit mudah terbakar

Iritasi kulit selanjutnya yang merupakan gejala awal penyakit lupus adalah kulit yang mudah gosong atau terbakar ketika terkena sinar matahari. Penderita lupus sangat peka bila terkena sinar matahari. Oleh karena itu sangat disarankan seorang penderita untuk menghindari sengatan sinar matahari, karena akan membuat iritasi kulitnya semakin parah.

 iritasi kulit

Bila Anda mengalami beberapa gejala iritasi kulit seperti diatas, ada baiknya Anda mencoba untuk memeriksakan diri ke dokter guna mengetahui lebih lanjut pengenai penyakit yang sedang Anda derita. Bila dokter menyatakan Anda mengidap penyakit lupus, tetaplah untuk menjaga kesehatan kulit Anda agar iritasi kulit yang Anda alami tidak semakin fatal. Anda dapat merawat kulit dengan selalu menjaga kebersihan kulit menggunakan bahan yang tidak menimbulkan alergi, menggunakan tabir surya, menggunakan krim dari dokter, serta menghindari terpapar sinar matahari secara langsung.

This post has already been read 885 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *