Gejala Umum Sakit Lupus

Gejala umum dan gejala pada organ tertentu. Gejala umum yang sering ditemukan di antaranya, penderita sering merasa lemah, kelelahan berlebihan, demam, dan pegal-pegal. Gejala ini muncul ketika lupus sedang aktif dan menghilang ketika tidak aktif.

Berikut ini gejala umum penderita lupus yang dijelaskan Dr Gunadi:

1. Kulit yang mudah gosong akibat sinar matahari serta timbulnya gangguan pencernaan.
2. Umumnya penderita sering merasa lemah, kelelahan yang berlebihan, demam dan pegal-pegal. Gejala ini terutama didapatkan pada masa aktif, sedangkan pada masa remisi (nonaktif) menghilang.
3. Pada kulit, akan muncul ruam merah yang membentang di kedua pipi, mirip kupu-kupu yang biasa disebut butterfly rash. Namun ruam merah menyerupai cakram bisa muncul di kulit seluruh tubuh, menonjol dan kadang-kadang bersisik. Melihat banyaknya gejala penyakit ini, maka wanita yang sudah terserang dua atau lebih gejala saja, harus dicurigai mengidap lupus.
4. Anemia, akibat sel-sel darah merah yang hancur oleh penyakit lupus.
5. Rambut yang sering rontok dan rasa lelah yang berlebihan.

Hingga kini, belum ada pengobatan yang bisa menyembuhkan sakit lupus secara total. Yang ada hanya pengobatan untuk mencegah perluasan. Bila ada kerabat atau keluarga yang terkena sakit lupus, sebaiknya kita mengetahui lebih lanjut sistem kerja penyakit lupus tersebut.

This post has already been read 347 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *