Gejala Yang Terasa Pada Orang Yang Terkena Sakit Lupus

Sakit Lupus terlah berulang kali dijelaskan. Mulai dari sebab dan pengertian sakit lupus itu sendiri. Pada orang yang terserang sakit lupus, tentu memiliki perbedaan pada kesehatannya. Ini bisa dirasakan sebagai gejala adanya penyakit dalam tubuh. Simak gejala yang mungkin bisa terasa pada orang yang terkena sakit lupus berikut ini:

Mata

Kerusakan pada mata jarang didapati pada odapus, sementara kerusakan retina dapat terjadi karena akibat pengobatan lupus dengan menggunakan antimalaria (chloroquine). Jika seseorang menggunakan obat yang demikian hendaklah teratur, selain itu perlu periksa ke dokter mata juga.

Ginjal

Kerusakan ginjal terjadi pada banyak odapus. Jika terjadi kerusakan ginjal berat, biasanya odapus memeriksakan urinnya secara berkala karena stadium awal dari kerusakan ginjal ditandai adanya protein berlebih dalam urin. Pengobatan yang diperlukan untuk keadaan seperti ini bisa melalui pengobatan untuk imunosupresif.

Imunosupresif adalah kondisi di mana sistem kekebalan tubuh terdepres sehingga memudahkan masuknya agen-agen patogen lainnya. Faktor pendepres ini bisa bermacam-macam, misalnya saja penyakit, toksin, kondisi lingkungan, stres, sakit lupuas dan lain sebagainya.

System otot dan tulang

Sakit pada sendi pada kedua sisi (kiri ataupun kanan) tanpa merusak sendi tersebut  gejal ini sering menyerang bagian tangan , lutut dan pegelangan tangan .

Kulit dan rambut

Serangan pada kulit dan rambut 90% terjadi pada odapus , pada serangan ini ditemukan seperti kemerahan pada wajah  (butterfly rash) yang dicetuskan karena sinar matahari, selain itu juga terdapat serang discoid pada kulit ,rambut menjadi rontok dengan pengobatan yang baik insya allah serangan pada kulit dan rambut dapat dihilangkan/disembuhkan

Darah

Setengah penderita lupus mengidap anemia selain itu juga terdapat jumlah trombosit dan lekosit yang rendah dari pada orang sehat, hal ini menyebabkan pendarahan dan mudah terinfeksi.

Jantung dan pembuluh darah

Kerusakan jantung dan pembuluh darah yang diderita odapus berupa cairan pada selaput jantung,vegetasi pada katup jantung ,perkapuran (atelrosklerosis)pada pembuluh darah dan nyeri pada ujung-ujung jari dan perubahan warna dari putih menjadi kebiruan jika terkena udara dingin dan emosi yang meningkat disebut dengan fenomena reynaud

Susunan saraf

Sampai 15 % Gangguan otak, saraf dan kejiwaan didapati pada odapus, kelainan dapat berupa kejang-kejang,  kelemahan otot, depresi, gelisah, susah tidur dan stroke.

Paru-paru

Sesak nafas yang dirasakan pada odapus dapat disebabkan karena adanya cairan pada selaput parunya dan juga karena akibat infeksi paru (pneumonia).

Baca Juga:

Pernah Dengar Nanobot? Apa Manfaatnya Bagi Kesehatan?

Sakit Lupus Bukanlah Penyakit Menular

Tanaman Obat Tradisional Untuk Penyakit Lupus

Waspadai dan Ketahui Apa Itu Segitiga Kematian

 

This post has already been read 978 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *