Hati-hati Komplikasi Akibat Penyakit Lupus

53. Hati-hati Komplikasi Akibat Penyakit Lupus2

Penyakit Lupus bisa dikatakan penyakit yang cukup membahayakan. Lupus setara dengan kanker, banyak orang yang meninggal karena mengidap penyakit ini. Oleh karena itu, lupus harus segera ditangani, jika tidak bisa menggrogoti seluruh tubuh Anda dan bisa mengakibatkan beberapa komplikasi penyakit. Menurut laman webmd.com penyakit lupus bisa menimbulkan komplikasi penyakit di bawah ini.

Sakit Jantung

Hal yang sering terjadi pada penderita lupus, melemahnya otot jantung, infeksi pada selaput pembungkus jantung, dan penebalan pembuluh darah.

Sakit Ginjal

Lupus bisa mengakibatkan gagal ginjal. Dengan membengkaknya kaki atau pergelangan kaki Anda, karena eksresi cairan di tubuh Anda sudah tidak normal. Anda juga akan merasakan nyeri pada dada, mual, muntah yang bisa menyebabkan kematian karena gagal ginjal.

Sakit Paru-paru

penyakit lupus, sakit lupus, akibat lupus, komplikasi sakit lupus

Banyak penderita lupus yang mengalami infeksi pada selaput pembungkus paru-paru, yang mana si penderita akan merasakan sakit ketika bernapas, nyeri dada, bahkan hingga batuk berdarah.

Gangguan peredaran darah

Salah satu gejala yang bisa dideteksi secara langsung oleh penderita lupus adalah berkurangnya produksi sel darah putih yang mengakibatkan peradangan pada pembuluh darah atau anemia.

Gangguan saraf dan mental

Penderita lupus bisa mengalami penurunan daya konsentrasi, pelupa, sakit kepala yang berlebih, gelisah, dan selalu khawatir. Hal tersebut disebabkan penyakit lupus dapat menyerang saraf dan melemahkan kinerjanya, yang bisa membuat stress pada penderita.

This post has already been read 398 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *