Ini Dia Beberapa Jenis Lupus Yang Harus Kamu Ketahui

Jenis Lupus

Penyakit lupus memang bukanlah penyakit yang menular, adapun Jenis Lupus yang terdapat dalam daftar medis juga tidak disebabkan oleh virus, kuman maupun bakteri. Yang menjadi kemungkinan penyebab dari penyakit lupus ini adalah hormon, genetik dan juga lingkungan si penderita.

Jenis Lupus ada beberapa macam, gejalanyapun bisa seperti kejang, timbul bercak merah, sakit kepala hingga bahkan sampai mengalami stroke loh. Dan yang lebih parah jika dialami oleh ibu hamil, kehamilannya akan gugur.

Untuk mengenal lebih dari penyakit lupus ini, ada beberapa Jenis Lupus yang harus kamu ketahui. Agar dapat membedakannya mari kita lihat jenis-jenisnya :

Lupus Sistemik

Jenis Lupus

Jenis lupus ini adalah yang paling sering muncul dan bisa mempengaruhi semua bagian tubuh. Gejala yang timbul bisa ringan dan berat serta hilang begitu saja seperti misalnya rambut rontok, nyeri sendi, timbul ruam saat terkena matahari dan juga demam.

Bisakah Penyakit Lupus Menjadi Penyebab Rambut Rontok?

Cutaneous Lupus

Jenis Lupus

Gejala lupus ini yang paling gampang dikenal karena memiliki ciri seperti timbul ruam yang bersisik di leher, tebal, kemerahan, dan juga ada di kulit kepala dan wajah. Gejala ini ada yang berlangsung selama beberapa hari, tapi ada juga yang mencapai tahunan serta nantinya akan meninggalkan bekas pada ruam yang muncul.

Lupus Anak-Anak

Jenis Lupus

Lupus sitemik yang menyerang anak-anak bisa disebut juga sebagai lupus anak-anak, kebanyakan yang sering terseran adalah anak laki-laki serta berpengaruh dalam kesehatan ginjal.

Neonatal Lupus

Jenis Lupus

Jenis Lupus ini jarang terjadi,tapi biasanya yang terserang adalah ibu hamil dan nantinya akan menurunkan antibodi lupus kepada anak-anaknya jika terlahir nanti. Bayi yang terserang penyakit lupus ini biasanya akan terlihat ruam pada kulit dan juga mengalami anemia. Hal ini biasanya dapat sembuh dan hilang dalam waktu beberapa hari.

Sakit Lupus Bukanlah Penyakit Menular

Drug-Induced Lupus

Jenis Lupus

Untuk jenis penyakit lupus yang ini biasanya disebabkan oleh pengaruh penggunaan obat dalam jangka panjang. Laki-laki lebih besar kemungkinan terkena lupus ini daripada wanita. Untuk mengobatinya bisa dengan obat hipertensi seperti hydralazine serta obat penyakit jantung yaitu procainamide.

Mengatur Gizi Ibu Menyusui Penderita Penyakit Lupus

This post has already been read 313 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *