Keluhan Penderita Lupus Berdasarkan Jenis Sakit Lupusnya

Sakit lupus

Sakit lupus adalah penyakit kronis yang diakibatkan oleh rusaknya fungsi sistem imun. Sistem imun orang yang menderita sakit lupus ini akan menyerang organ dan jaringan tubuh seperti paru – paru, jantung, sel darah, ginjal, kulit, sendi dan lain sebagainya.

Sakit Lupus – Macam – Macam Jenis Sakit Lupus

Ada beberapa macam penyakit lupus yakni:

Sakit lupus

– neonatal lupus

Bayi juga bisa menderita sakit lupus, yakni penyakit neonatal lupus. Neonatal lupus disebabkan karena Ibu memiliki penyakit autoimun yang berhubungan dengan antibody terentu. Penyakit ini dapat hilang namun juga dapat berdampak serius pada congenital heart block atau sistem elektrik jangtung.

– drug-induced lupus erythematosus

Seperti namanya “drug”, penyakit ini disebabkan oleh obat – obatan tertentu. Tidak setiap orang akan mengalami drug-induced lupus erythematosus dengan mengkonsumsi obat teresbut, namun tetap saja dapat berakibat buruk pada sistem – sisten organ dan jaringan dalam tubuh. Cara mengatasi sakit lupus jenis ini, Anda cukup menghentikan konsumsi obat – obat herbal tersebut.

– discoid lupus wrythematosus

Penyakit discoid lupus wrythematosus biasanya akan menyerang kulit, seperti kulit kepala, leher, wajah dan lain sebagainya. Jika dibiarkan penderita jenis lupus satu ini dapat menyebar menjadi penyakit systemic lupus

– systemic lupus erythematosus

Lupus jenis ni merupakan penyakit lupus yang banyak dikenal oleh masyarakat. Systemic lupus erythematosus ini akan menyerang berbagai sistem organ atau jaringan dalam tubuh seperti darah, ginjal, paru – paru, kulit, dan sendi.

Tanda – tanda yang umumnya terlihat dari orang yang menderita sakit lupus adalah hilang ingatan, depresi, gelisah, mudah memar, mata kering, nyeri pada dada, nafas pendek, raynaud’s phenomenon atau jari dan kuku yang membiru atau memutih ketika dingin atau stress, rambut rontok, radang pada mulut, luka pada kulit karena terkena sinar matahari, ruam pada bagian wajah hingga menutupi pipi dan hidung, hilang atau meningkatnya berat badan secara drastic, demam dan kelelahan.

Demikian ulasan mengena apa itu sakit lupus dan macam – macam jenis penyakit lupus.

This post has already been read 742 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *