Kesehatan Wanita Para Penderita Lupus

Kesehatan Wanita

Lupus adalah penyakit yang diakibatkan oleh kumpulan penyakit auto-imun yang bernama Lupus Erythematosus yang sangat mengganggu kesehatan wanita, diakibatkan oleh keadaan tubuh saat terkena zat asing tertentu, seperti virus dan bakteri. Penyakit ini mengakibatkan sistem imunitas manusia yang biasanya membantu sistem dalam tubuh manusia untuk melawan berbagai penyakit, berbalik arah untuk menyerang jaringa-jaringan tubuh yang sehat. JIka penyakit ini dibiarkan terus menerus, akan mengakibatkan kerusakan pada jaringan-jaringan dalam tubuh itu sendiri dan menimbulkan penyakit-penyakit lain yang lebih serius. 

Meskipun dampak dari penyakit ini cukup parah, penyakit ini bukan termasuk penyakit yang menular. Penyakit Penyakit Lupus ini memang lebih banyak menyerang kaum wanita. Hal ini dibuktikan dengan fakta yang ada bahwa 90% dari kasus penyakit yang satu ini menyerang kaum hawa tersebut. Sebagian besar, wanita yang terjangkit penyakit Lupus ini adalah wanita dengan rentan usia 14 hingga 45 tahun, di mana masa tersebut masih termasuk dalam masa kesuburan.

Makanan Sehat Penderita Lupus

Kesehatan Wanita

Bagi penderita lupus, menjaga pola makanan sangat penting untuk dilakukan. Mengingat kondisi tubuhnya terlalu banyak memproduksi antibodi, penderita lupus harus mengonsumsi makanan yang bisa memulihkan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan wanita penderita Lupus.

  1. Hindari makanan yang mengandung banyak asam amino, seperti benih alfalfa dan kecambah.
  2. Konsumsi asam arakidonat, juga perlu dihindari sebaik mungkin. Zat ini banyak ditemui di daging hewan, susu, telur, kacang tanah dan juga rumput laut yang bisa merusak tubuh penderita lupus.
  3. Sayuran, seperti buncis dan juga jamur. Walaupun makanan ini termasuk makanan lezat, sayangnya makanan ini tidak baik bagi para penderita lupus karena kandungan amina dan hydrazines bisa meningkatkan gejala lupus semakin parah.
  4. Hindari makanan yang menggunakan garam secara berlebihan. Terlalu banyak makan garam bisa menyebabkan lupus kambuh kembali dan tentunya mengganggu kesehatan wanita.

This post has already been read 370 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *