Kunyit, Obat Herbal untuk Penderita Sakit Lupus

obat herbal

Obat herbal kini jadi pilihan masyarakat dalam mengobati beberapa penyakit. Banyak masyarakat yang lebih tertarik menggunakan obat herbal dibandingkan dengan obat kimia selain karena tidak memberikan dampak ketergantungan, obat herbalpun dirasa khasiatnya jauh lebih baik dibandingkan obat kimia biasa.

Tak terkecuali untuk penyakit lupu, menurut situs everydayhealth yang menyatakan bahwa salah satu penunjang penyembuhan penyakit lupus adalah dengan penggunaan obat herbal dan salah satu yang dianjurkan penggunaannya adalah kunyit. Kunyit lebih dikenal sebagai bumbu dapur dibanding bisa dijadikan obat herbal untuk penderita sakit lupus, tapi berdasarkan informasi dari situs everdayhealt, kunyit cukup efektif untuk menyembuhkan penyakit lupus.

Kunyit (Curcuma domestica) merupakan tanaman tahunan. Tanaman ini tumbuh secara liar di seluruh dataran pulau jawa. Tanaman ini merupakan tanamn subtropis hingga tropis dan mampu tumbu pada ketinggian 90 m hingga 2000 m di atasa permukaan laut (mdpl). Batang kunyit semu dan basah, daunnya menyerupai daun sejenis daun tanaman pisang-pisangan. Pelepah daun yang dominan berwarna hijau, pelepah tersebut membentuk batang dengan helaian daun berbentuk bulat telur.

Warna kulit rimpang jingga kecoklatan dan memiliki banyak cabang, sementara warna daging buahnya berwarna kuning. Tanaman ini memiliki tinggi mampu mencapai 1 m dan bunganya muncul dari pucuk batang semu dengan panjang sekitar 10-15 cm dan berwarna putih. Di Indonesia, umumnya rimpang kunyit digunakan sebagai bumbu masakan , sementara di Eropa biasa digunakan sebagai bahan kosmetik. Selain itu, beberapa senyawa kimia yang terkandung dalam kunyit dapat digunakan sebagai obat herbal beberapa penyakit seperti tifus, usus buntu dan juga penyakit lupus.

obat herbal

Kunyit mengandung senyawa kimia aktif diantaranya minyak atsiri dan kurkuminoid. Minyak atsiri itu sendiri mengandung senyawa kimia seskuiterpen, turmeron dan zingiberen. Sementara kurkuminoid sendiri mengandung senyawa kurkumin dan turunannya yang berwarna kuning yang meliputi metoksikurkumin dan bidesmetoksikurkumin. Pada rimpang kunyit juga mengandung pati atau amilum, gom dan getah. Sementara aroma khas yang ditimbulkan oleh kunyit berasal dari minyak atsiri.

Berdasarkan hasil penelitian menyebutkan bahwa kunyit efektif menyembuhkan penyakit lupus karena kunyit mengandung anti-inflamatory yang berfungsi menyembuhkan ruam-ruam pada kulit. Selain itu, kunyit juga mengandung zat anti kanker.

This post has already been read 656 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *