Makanan Dengan Gizi Seimbang Untuk Penderita Lupus

Lupus merupakan penyakit yang menyerang kekebalan tubuh dan juga jaringan tubuh yang sehat. Gejala penyakit ini berupa peradangan, pembengkakan dan kerusakan organ tubuh seperti kulit, jantung, ginjal, paru-paru, sendi dan darah. Sementara ini belum dapat diidentifikasi makanan apa saja yang menyebabkan dan yang dapat menyembuhkan penyakit ini. Disarankan kepada penderita penyakit ini agar selalu mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang karena penyakit ini menyerang daya tahan tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut, diharapkan penderita lupus akan mendapatkan kualitas kehidupan yang lebih baik.

Diet juga menjadi cara untuk tetap menjaga tubuh bagi para penderita lupus. Namun, apabila hal itu sulit untuk dilakukan, Anda dapat memberikan asupan gizi yang seimbang. Makanan dengan gizi seimbang ini berguna untuk meminimalisir peradangan, memperkuat otot dan tulang, mengurangi retensi atau penahanan cairan, menurunkan tekanan darah dan penderita yang mengkonsumsi obat metotreksat. Untuk meminimalisir peradangan, penderita lupus harus mengkonsumsi ikan, kacang-kacangan, minyak zaitun, minyak canola dan biji rami. Bahan makanan tersebut mengandung anti-inflamasi.gizi seimbang

Bagi yang menderita peradangan, Anda harus menjauhi makanan yang mengandung minyak jenuh seperti gorengan, makanan yang pembuatannya dengan cara dipanggang, sup krim saus, dan lain-lain. Makanan yang mengandung asam amino seperti bawang putih juga harus dihindari. Gizi seimbang untuk penderita lupus juga didapatkan dari susu skim rendah lemak, yogurt rendah sodium, dan keju rendah lemah. Jika Anda tidak mengkonsumsi susu, Anda dapat mengganti asupan gizi seimbang dengan susu bebas laktosa, susu kedelai, susu almond, jus yang mengandung kalsium dan vitamin D serta sayuran hijau.

gizi seimbang

Penderita lupus dengan keluhan cairan yang tertahan dan tingginya tekanan darah dapat mengkonsumsi makanan yang rendah sodium. Kemudian untuk yang mengkonsumsi metotreksat, Anda dapat memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran hijau. Jika Anda merasa mual, konsumsilah makanan kecil yang mudah dicerna seperti biskuit , roti dan sereal kering. Hindarilah makanan yang berminyak, pedas dan asam agar mendapatkan manfaat yang tepat dari gizi seimbang.

Description: Gizi seimbang sangat penting untuk penderita lupus. Dengan asupan ini, Anda dapat mencegah peradangan, memperkuat otot dan tulang, memperlancar cairan dan mengurangi tekanan darah.

This post has already been read 709 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *