Mata Sering Berair, Apakah Ini Tanda Lupus?

Mata sering berair, lalu apa kaitannya dengan sakit lupus? Bukannya mata berair harusnya berhubungan dengan sakit mata. Mungkin mata mulai minus atau mata iritasi karena polusi dan udara sekitar.

Tapi sebagian orang mempercaya mata sering berair ada hubungannya dengan sakit lupus. Apa penjelasan tentang hal ini? Apakah ini fakta atau hanya mitos saja?

Faktanya:

Odapus atau penderita lupus sangat mudah memerah kulitnya jika terkena paparan sinar matahari secara langsung. Kulit memerah dibagian wajah. Disekitar tulang pipi dan dahi akan membentuk ruam tipis berwarna merah. Terkadang sampai mengelupas. Semua terjadi karena paparan sinar matahari secara langsung.

Sebab itu, penderita lupus menghindari terkena sinar matahari secara langsung. Kebiasaan menghindari matahari ini membuat mata orang yang sakit lupus tidak tahan dengan sialunya sinar matahari. Maka, mata penderita lupus seirng berair bila sedang terjemur dan menatap ke arah matahari.

Nah, ini hanya karena tidak terbiasa dengan sialunya matahari saja. Kadang orang yang bertemu dengan odapus dan tidak mengerti bisa mengira mata sering berair merupakan tanda sakit lupus. Padahal bukan seperti itu.

This post has already been read 382 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *