Menjaga Gizi Seimbang bagi Odapus

Odapus atau lupus merupakan suatu penyakit yang belum ditemukan cara penyembuhannya maupun obatnya. Namun bukan berarti bahwa pasien penderita penyakit ini tidak dapat hidup dengan sehat. Para penderita tetap harus memperjuangkan kesehatan tubuh mereka di tengah penyakit yang ditimpa. Rasa sakit pada persendian, rasa lelah yang luar biasa, dan otot sering lemas adalah yang sering terjadi pada odapus yang bisa menyebabkan kurangnya kesehatan jasmani. Untuk itu para pasien Odapus memerlukan pola hidup yang sehat dan juga gizi seimbang agar tetap bisa stamina.

Beberapa gizi seimbang yang dibutuhkan oleh para pasien Odapaus antara lain adalah mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin dan juga mineral serta zat lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Makanan yang memiliki gizi sehat yang seimbang contohnya adalah sayuran dan juga buah-buahan. Sayuran dan buah-buahan memang pada dasarnya dibutuhkan oleh tubuh meskipun Anda bukan pasien Odapus. Tidak ketinggalan pula lauk pauk di mana terdapat banyak protein yang terkandung di lauk pauk seperti daging maupun ikan.

gizi seimbang

Bagi para odapus, sebaiknya mengkonsumsi jenis makanan yang memiliki varian dan gizi seimbang. Karbohidrat juga diperlukan untuk memenuhi gizi yang seimbang. Hindari makanan yang berlemak karena penyakit Odapus merupakan penyakit yang memiliki resiko tinggi yaitu hingga 10 kali lipat terkena penyumbatan pada pembuluh darah. Makanan yang banyak mengandung lemak banyak dijumpai di makanan yang mengandung santan, jeroan, dan juga gorengan. Pilih makanan yang mengandung lemak tak jenuh yang bisa didapatkan pada kacang-kacangan, ikan, minyak zaitum, dan juga alpukat. Asam lemak omega 3 yang terdapat di ikan juga memiliki kegunaan sebagai pencegahan.

gizi seimbang

Selain itu suplemen yang memiliki kandungan tanaman Alfalfa karena tanaman ini dapat memicu timbulnya serangan lupus dan bukan merupakan makanan dengan gizi seimbang yang dibutuhkan untuk para odapus. Tanaman ini mengandung asam amino sehingga dapat membangkitkan sistem imun yang sifatnya merusak dan menimbulkan reaksi peradangan yang seharusnya dihindari oleh para pasien odapus. Tidak hanya pada suplemen saja, jamu yang mengandung tanaman tersebut sebaiknya juga tidak dikonsumsi. Begitu juga dengan megmkonsumsi alcohol bersama dengan obat-obatan yang diresepkan oleh para dokter untuk odapus karena akan memicu terjadinya pendarahan pada saluran cerna.

This post has already been read 611 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *