Olahraga Memiliki Manfaat Penting Bagi Penderita Lupus

olahraga, manfaat olahraga, penderita lupus, penyakit lupus

Seperti yang kita ketahui faktanya penyakit lupus ini dapat menghalangi penderita lupus untuk beraktivitas seperti biasanya yang tentunya membuat mereka sulit menjaga kebugaran tubuh karena tidak dapat berolahraga layaknya orang normal.

Namun ternyata olahraga memiliki manfaat yang baik bagi penderita lupus melawan penyakitnya loh. Ini beberapa manfaat olahraga bagi penderita lupus :

Mengurangi Efek Samping Obat

Obat untuk mengobati sakit lupus memiliki efek samping loh yakni peningkatan berat badan, tingkat kolesterol, dan gula darah. Dengan berolahraga penderita lupus akan mampu melawan pengaruh buruk dari efek samping pengobatan itu sendiri.

Otot jadi lemas, dan sendi lebih relaks

Serangan penyakit lupus membuat penderita jarang bergerak. Hasilnya otot dan sendinya jadi kaku. Untuk itu penderita lupus dianjurkan melakukan olahraga ringan yang dapat membantu melemaskan otot dan membuat sendi lebih relaks untuk beraktivitas.

olahraga, manfaat olahraga, penderita lupus, penyakit lupus

Stamina meningkat

Aktivitas jadi berkurang, otot dan sendi kurang gerak, plus cepat lelah adalah beberapa hal yang sering dirasakan oleh penderita lupus. Tapi itu tidak berlaku bagi mereka yang aktif berolahraga saat terserang lupus. Penderita lupus yang aktif berolahraga mengaku staminanya lebih meningkat dan mampu berkaktivitas lebih banyak ketimbang penderita lupus yang tidak pernah latihan.

Melawan stress

Salah satu efek samping dari serangan lupus yang diderita sebagian besar penderita lupus adalah stress dan depresi. Olahraga adalah solusi untuk melawan stress dan depresi yang menyerang para penderita lupus karena penyakit lupus.

This post has already been read 394 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *