Penyebab Penyakit Lupus

Penyebab penyakit lupus sering menjadi pertanyaan. Penyakit lupus bisa juga disebut sebagai penyakit mematikan. Banyak orang yang menderita sakit lupus pada akhirnya meninggal dunia. Sakit lupus juga sangat menyakitkan.

Setiap kali bangun tidur, persendian tidak bisa langsung digerakan. Bagian tubuh seperti siku, leher dan bahu menjadi titik paling nyeri setiap kali bangun tidur. Bahkan ruas jari tidak bisa langsung digerakan. Sebagian dari kita mungkin memiliki kebiasaan langsung memegang sesuatu setelah bangun tidur. Ada orang yang biasanya langsung mencari handphone atau biasa langsung memegang sisir dan bangun dari tempat tidur untuk menyisir sambil berdiri di depan kaca. Bagi penderita penyakit lupus, habit seperti ini sulit untuk dilakukan langsung saat baru bangun tidur. Butuh waktu 10 – 15 menit untuk melemaskan sendi dan ruas-ruas jari agar tidak nyeri saat digerakan. Memang tidak semua odapus merasakan ini, tapi kebanyak mengeluhkan kurang lebih seperti hal di atas.

Lalu bila rasa nyerinya sangat tidak tertahan dan terasa membebani, kita mungkin ingin menghindari penyakit lupus tersebut sebisa mungkin. Kita perlu mengetahui penyebab penyakit lupus terlebih dulu.

penyebab penyakit lupus

Penyebab Penyakit Lupus

  • Faktor psikologis si pendertia dengan keadaan depresi berat atau stress bisa jadi salah satu penyebab penyakit lupus. Keadaan tertekan diluar batas kemampuan seseorang dimana dirinya tidak memiliki tempat curahan sehingga terus-menerus memendam kesusahannya selama kurun waktu tertentu. Sehingga pada satu saat mental dan antibodi dalam tubuhnya melemah.
  • Autoimun yang bekerja diluar fungsi dengan penyebab yang belum diketahui secara pasti. Ini menjadi pertanyaan besar dari penyebab penyakit lupus. Kebanyakan disfungsi ini menjadi sebab utama.
  • Akibat virus yang menyebarkan infeksi seperti bakteri epstein barr, streptokokus, klebsiella, dsj.
  • Ditimbulkan oleh zat obat–obatan tertentu yang dikonsumsi, seperti: isoniazid, hidralazin, chlorpromazine, procainamid, anti-psikotik
  • Sengatan sinar ultraviolet secara langsung. Ini mungkin bisa jadi penyebab penyakit lupus bila penangan pada pemakaian sinar ultraviolet tidak tepat.

Setelah mengetahui bahwa penyakit lupus memiliki sebab-sebab tertentu, lebih baik kita mengenalkan tentang penyakit lupus kepada anak. Bila ada keluhan tersebut anak bisa mudah berkomunikasi dengan orangtua.

Dengan cara memberitahu penyebab penyakit lupus ini mungkin orangtua bisa mengurangi dampak yang fatal pada anak akibat penyakit lupus ini.

Berbagai Sumber

This post has already been read 594 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *