Penyebab Sakit Lupus – Faktor Genetika?

Penyebab sakit lupus bisa berbagai macam mulai dari faktor genetika, faktor hormonal hingga faktor lingkungan. Dengan mengetahui apa saja penyebab sakit lupus diharapkan Anda bisa mencegah diri Anda dan keluarga Anda dari serangan penyakit mematikan ini.

Penyebab Sakit Lupus – Beberapa Penyebab Sakit Lupus

Faktor genetika adalah salah satu penyebab yang sering terjadi pada penderita lupus. Sehingga dalam menentukan apakah seseorang memiliki resiko terkena penyakit lupus atau tidak sering kali ditentukan oleh faktor genetikanya. Hal itu disampaikan oleh banyak peneliti. Jadi, jika Anda menderita lupus atau takut terkena lupus, ingat-ingat dan tinjau kembali riwayat keluarga Anda, apakah ada diantara keluarga Anda yang juga menderita lupus atau tidak. Apabila Anda menemukan penderita lupus atau Odapus dalam riwayat keluarga Anda, maka Anda perlu melakukan hal-hal extra untuk meminimalisir kemunculan atau akibat dari penyakit lupus ini.

Anda masih perlu tetap waspada meskipun dalam riwayat keluarga Anda tidak ada yang menderita lupus. Hal ini dikarenakan lupus bisa muncul disebabkan oleh faktor lingkungan. Beberapa faktor lingkungan penyebab lupus diantaranya adalah terjangkit racun seperti trichloroethylene yang terdapat dalam sumur dan debu silica, stress, asap rokok, merokok, terkena pancaran sinar ultraviolet atau disebut juga dengan photosensitivity.

Selain itu, penyebab sakit lupus lainnya adalah perkembangan hormon yang terkait dengan autoimun. Penggunaan obat-obatan tertentu dalam jangka panjang juga dapat menyebabkan munculnya penyakit lupus. Lupus yang disebabkan oleh konsumsi obat-obatan dapat diobati dengan cara menghentikan konsumsi obat-obatan tersebut. Berbeda dengan lupus yang disebabkan oleh faktor keturunan, ia akan sulit diobati dan hanya bisa diminimalisir sakitnya.

penyebab sakit lupus - 2

Penyebab terakhir dari lupus adalah kombinasi dari semua faktor di atas. Para dokter percaya bahwa orang yang memiliki resiko terkena lupus karena keturunan akan mudah terkena penyakit ini meskipun disebabkan oleh faktor lingkungan atau obat-obatan. Sedangkan bagi mereka yang tidak memiliki riwayat keluarga penderita lupus memiliki resiko yang lebih rendah.

Itulah beberapa penyebab sakit lupus. Mudah-mudahan dapat menambahkan wawasan Anda.

This post has already been read 460 times!

One Response to Penyebab Sakit Lupus – Faktor Genetika?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *