Pernah Dengar Nanobot? Apa Manfaatnya Bagi Kesehatan?

Apa itu Nanobot? Seperti Apa sih bentuknya? Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya tentang hal tersebut.

Nanobot adalah sebuah robot atau mesin yang berukuran mikroskopis berkisar ukuran nanometer yang dibuat dengan teknologi nano terkini menurut Ramsden. Nanobot berperan dalam berbagai aspek kehidupan manusia, contohnya Nanobot bisa berfungsi untuk memperbaiki onderdil mobil, terutama yang berada di bagian dalamnya.

Fungsi Nanobot yang paling vital adalah menjadi dokter atau memiliki peran penting dalam dunia medis. Apa aja yg bisa dikerjakan oleh Nanobot atau robot kecil ini ya?

Manfaat Nanobot Dalam Dunia Medis dan Kesehatan

Nanobot memiliki nama lain seperti nanoids, nanites, nanomachines dan nanomites. Nanobot merupakan salah satu hasil penerapan teknologi termutakhir saat ini dalam bidang teknologi informatika maupun bioteknologi medika (Kurzweil, 2006). Nanobot dibuat untuk tujuan medis tertentu, salah satunya adalah industri pengolahan logam (Joshi, 2010).

Namun, kini nanobot sangat berkembang dalam dunia medis. Nanobot diproyeksikan akan dapat dimasukkan ke dalam tubuh dengan jarum suntik dan mendegradasi dirinya sendiri ketika tugas dalam tubuh telah selesai.

Nanobot dibuat dari BIOCHIPS. Apa itu Biochips? Benda ini adalah komponen elektronik yang terbuat dari bahan-bahan alami dan tidak berbahaya sehingga tubuh tidak mengalami reaksi frontal seperti penolakan ketika nanobot menjangkau bagian dalam tubuh (Sharma, 2009). Hal ini sangat menguntungkan karena secara tidak langsung Nanobot tidak akan menyebabkan efek samping maupun rasa sakit yang luar biasa.

nanobot

Nanobot bekerja sangat halus, bahkan dapat sama sekali tidak terasa oleh tubuh. Nanobot juga dapat menerima perintah sebelum dan ketika melaksanakan tugasnya di dalam tubuh manusia, sehingga nanobot sangat fleksibel untuk berbagai macam pengobatan dalam tubuh. Contohnya, dokter memrogram nanobot untuk mendokumentasikan sel kanker yang terdapat di dalam tubuh terlebih dahulu sebelum diberi perintah lebih lanjut (Ramsden, 2009).

Untuk menanggulangi kanker, nanobot dapat membantu antibodi mencerna serta melumat habis sel kanker yang ada. Nanobot dapat membuat mutasi dalam sel kanker sehingga sel kanker berhenti bereplikasi bahkan mati dan dapat dibesihkan oleh antibodi (Kirikova, 2002).

Baca Juga:

Sakit Lupus Bukanlah Penyakit Menular
Mengatur Gizi Ibu Menyusui Penderita Penyakit Lupus
Tips Kesehatan Wajah Bagi Penderita Lupus
Tanaman Obat: Green Tea untuk Penderita Lupus
Penyebab Sakit Lupus – Faktor Genetika?

This post has already been read 639 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *