Sakit Lupus Bukanlah Penyakit Menular

Banyak orang sering mendengar kata sakit lupus. Namun, belum tentu mereka mengerti apa itu sakit lupus. Bila diceritakan contoh dan ciri pada orang penderita lupus maka mereka akan merasa takut, seakan takut tertular. Apa sakit lupus menular?

Sakit Lupus Tidak Menular!

Sakit lupus bukanlah penyakit menular yang perlu diresahkan. Penyakit lupus ini lebih fokus kepada kekebalan tubuh seseorang. Jadi, tidak perlu berlebihan dalam menakuti kemungkinan tertular penyakit lupus ini.

Prof. Dr. Zubairi Djoerban, ahli penyakit dalam dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) mendefinisikan Lupus sebagai penyakit kronis atau menahun yang membuat zat imunitas tubuh bereaksi secara berlebihan terhadap rangsangan dan benda asing dari luar yang masuk ke dalam tubuh, demikian yang dilansir oleh Antara news pada 24 Mei 2013 lalu.

Bila salah seorang di lingkungan Anda ada yang sakit lupus, mereka bisa disebut odapus, namun tidak perlu khawatir untuk tetap berinteraksi seperti biasanya.

Masalah yang dialami orang penderita lupus kadang adalah sulit menjelaskan kepada orang lain tentang penyakitnya, bisa jadi karena mereka sudah terlalu sering menceritakan pengalaman tentang penyakitnya tersebut atau karena merasa bosan untuk membahas hal tersebut.

Tapi perlu ditegaskan bahwa penyakit lupus bukanlah penyakit menular.

Baca Juga:

Merosotnya Berat Badan Ideal Anak Ketika Lupus Mulai Menyerang
Penyebab Penyakit Lupus
Mengatur Gizi Ibu Menyusui Penderita Penyakit Lupus
Definisi Penyakit Lupus
Sistem Kerja Penyakit lupus

This post has already been read 458 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *