Sistem Kerja Penyakit lupus

Istilah Penyakit lupus diambil dari salah satu istilah yang ada dalam bahasa yunani yang artinya adalah anjing hutan. Istilah yang satu ini digunakan untuk mereka yang menderita penyakit ruam merah dan memiliki simbol seperti kupu-kupu pada bagian tubuh mereka. Biasanya orang yang menderita penyakit ini akan memiliki gejala tertentu pada kulit mereka. penyakit yang satu ini juga telah dikenal sejak satu abad yang lalu. Penyakit ini juga bisa dibilang sebagai salah satu penyakit yang mematikan karena bisa mengakibatkan kanker dan juga berbagai macam penyakit lainnya. Dalam beberapa kasus, beberapa penderita Penyakit lupus meninggal akibat terserang penyakit yang satu ini. saat ini tercatat lebih dati 5 juta orang menderita Penyakit lupus.

Sistem Kerja Penyakit lupus

Dalam ilmu kedokteran penyakit yang satu ini memiliki nama ilmiahnya sendiri yaitu Sytemic Lupus Erythematosus. Ini diartikan sebagai salah satu penyakit yang terjadi akibat kekebalan tubuh yang berlebihan. Penyakit lupus merupakan kebalikan dari penyakit AIDS karena Penyakit lupus membuat tubuh seseorang mengalami peningkatan dalam kekebalan. Bagaimana sistem kerja dari Penyakit lupus?

Pastinya anda sudah kenal dengan yang namanya anti bodi yang fungsinya adalah melindungi tubuh anda dari serangan berbagai penyakit. Namun Penyakit lupus ini malah akan membuat antibody menyerang tubuh si penderita itu sendiri. Alhasil, bukannya menjadi semakin sehat, si penderita akan menjadi semakin parah penyakitnya. Kelainan yang satu ini disebut juga dengan autoimunitas atau kelebihan antibodi. Hal ini bisa masuk melalui dua cara:

Pertama, antibody akan masuk dan menyerang langsung sistem jaringan sel yang ada dalam tubuh. Hal ini sangat berbahaya karena antibody tersebut nantinya malah akan menyerang sel darah merah yang ada di tubuh pederita, kemudian menghancurkannya. Dengan hancurnya sel darah merah yang ada dalam tubuh secara otomatis akan timbul beragam dampak mulai dari yang biasa hingga yang bisa menyebabkan kematian secara langsung bagi penderitanya.

Kedua, antibody yang masuk dalam tubuh tersebut bisa saja bergabung langsung dengan antigen atau zat perangsang pembentukan antibody yang kemudian membentuk ikatan kompleks imun dan bersikulasi dengan darah. Nantinya gabungan antara dua zat ini akan tersangkut pada pembulih darah kapiler dan berakibat adanya peradangan pada tubuh penderitanya. Dalam kondisi ini, sistem imun pada tubuh yang harusnya bekerja secara normal akan menjadi abnormal.

This post has already been read 368 times!

One Response to Sistem Kerja Penyakit lupus

  1. […] Bila ada kerabat atau keluarga yang terkena sakit lupus, sebaiknya kita mengetahui lebih lanjut sistem kerja sakit lupus […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *