Tips Kesehatan untuk Odapus Agar Tetap Fit!

Tips kesehatan di bawah ini merupakan beberapa hal yang perlu dilakukan oleh para penderita lupus agar kesehatannya tetap terjaga. Dengan melakukan beberapa tips kesehatan tersebut, diharapkan penderita lupus bisa mengurangi dampak berbahaya dari penyakitnya.

Tips Kesehatan – Beberapa Hal Yang Perlu Dilakukan Odapus Untuk Menjaga Kesehatan

– Berhenti merokok

Menghentikan kebiasaan merokok bisa menjadi hal paling berpengaruh untuk mencegah dampak lupus lain dibandingkan perubahan lifestyle lainnya yang anda lakukan. Rokok sangat berbahaya bagi penderita lupus karena bisa memperparah penyakit ini dan juga mempercepat efek buruk dari penyakit tersebut.

– Lakukan olahraga rutin

Olahraga rutin sangat baik untuk setiap orang termasuk penderita lupus. Pilih jenis olahraga yang beresiko rendah seperti jalan kaki, bersepeda dan berenang. Olahraga bisa memperbaiki kondisi hati, mencegah osteoporosis, mengurangi kekakuan pada otot, meningkatkan kekuatan otot-otot, dan mengurangi stress.

Tips Kesehatan untuk Odapus Agar Tetap Fit!

– Beristirahat dengan waktu yang cukup

Beristirahat bisa mengurangi kelelahan, tapi terlalu banyak beristirahat justru akan membuat odapus merasa lebih lelah. Temukan waktu yang tepat seberapa lama kamu membutuhkan tidur untuk membuat tubuh terasa lebih baik. Biasakan tidur antara 7 hingga 8 jam setiap malam. Selain itu jaga rutinitas tidur tersebut dan buat tempat tidur senyaman mungkin tanpa ada gangguan aktifitas lain seperti dekat TV dan makanan.

– Jaga diri dari sinar matahari

Terlalu banyak terkena paparan sinar matahari bisa membuat gejala lupus semakin buruk. Lindungi semua yang mungkin terpapar sinar matahari dengan sunblock minimal 30 SPF yang bisa melindungi dari sinar UVA dan UVB. Lindungi juga kulit dengan pakaian yang panjang, topi yang lebar dan celana yang panjang. Jika memungkinkan, hindari berada di luar ruangan pada saat sinar matahari sangat kuat yakni pada jam 10 pagi hingga jam 4 sore.

– Lindungi diri dari lampu ruangan

Siapa sangka ternyata lampu penerangan di dalam rumah yang memiliki 380 hingga 400 nanometer dapat membahayakan penderita lupus. Sehingga perlindungan juga perlu dilakukan dengan memperhatikan penggunaan lampu yang tepat.

Demikian beberapa tips kesehatan yang perlu diperhatikan oleh penderita lupus.

This post has already been read 393 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *