Apa Sih Penyebab Penyakit Lupus?

SG-what-is-lupus-do-i-have-it-RM-722x406

Penyebab Penyakit Lupus, penyakit yang menyerang sistem imun dan daya tahan tubuh manusia ini ternyata memang belum diketahui secara pasti. Namun, beberapa teori bermunculan menyebutkan bahwa beberapa faktor inilah yang menyebabkan penyakit tersebut menyerang tubuh manusia.

Faktor Genetik

Penderita lupus bermasalah pada sistem antibodi yang memiliki kecenderungan anomali sehingga menyerang jaringan-jaringan tubuh sendiri. Karena hal inilah, penyebab penyakit lupus sering diidentikan dengan faktor internal genetika atau keturunan, yaitu memang diturunkan oleh orang tua, terutama ibu. Hal ini dikuatkan dengan cukup banyaknya saudara kembar identik yang menderita lupus, juga menderita penyakit yang sama, dan meningkatnya jumlah penderita lupus yang juga merupakan saudara dari penderita lupus (Odapus).

Faktor Lingkungan

Faktor lain yang menyebabkan penyakit lupus adalah dari lingkungan. Faktor lingkungan ini maksudnya adalah faktor eksternal yang mempengaruhi sistem imun atau daya tahan tubuh manusia sehingga tidak berfungsi normal dan malah menyerang tubuhnya sendiri. Faktor-faktor eksternal tersebut antara lain:

-Stres berlebihan,

-Terkena paparan sinar UV dari matahari secara berlebihan,

-Penggunaan antibiotic, seperti ampicillin dan amoxilin yang juga secara berlebihan,

-Konsumsi obat-obatan kimia yang berbahan dasar sulfa.

Meskipun begitu, sampai saat ini penyebab penyakit lupus yang pasti masih terus dalam penelitian. Untuk itu, penanganan yang paling sering dilakukan adalah melakukan pencegahan serta mengurangi gejala dan risiko yang lebih parah. Hal-hal yang bisa dilakukan untuk mencegah adalah menjaga pola hidup sehat serta menghindari penyebab-penyebab eksternal yang telah disebutkan di atas. Sedangkan untuk penanganan bagi yang sudah menderita adalah menghindari kelelahan, sinar matahari, dan meminum obat-obat sesuai anjuran dari dokter.

This post has already been read 334 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *